Web Analytics

Cuaca Dingin di Indonesia, Inilah 4 Faktanya

Cuaca dingin melanda Indonesia meskipun musim kemarau, hal ini terjadi di seluruh wilayah yang terjadi sejak awal Juli 2018. Sedangkan di belahan dunia lain, musim dingin pun telah dimulai. Ini artinya suhu udara di beberapa negara akan jadi lebih dingin. Beredar kabar di tengah masyarakat suhu udara di wilayah Indonesia akan mengalami penurunan drastis akibat fenomena bumi berada di titik terjauhnya dengan Matahari atau Aphelion. Berita yang beredar di berbagai media mengungkapkan hal ini terjadi karena aphelion. Namun, BMKG mengeluarkan rilis terbaru yang menyatakan bahwa penyebab cuaca dingin beberapa hari terakhir sebenarnya bukan aphelion.

Cuaca Dingin di Indonesia, Inilah 4 Faktanya. Gambar 1

Berikut adalah fakta-fakta terkait cuaca dingin yang sedang terjadi di Indonesia: 

1. Suhu kurang dari 15 derajat celcius

Suhu udara di Indonesia selama tanggal 1 hingga 5 Juli 2018 kurang dari 15 derajat celcius. Hal ini berdasarkan pengamatan BMKG. Cuaca dingin ini terutama terjadi di dataran tinggi/kaki gunung seperti Ruteng (NTT), Wamena (Papua), dan Tretes (Pasuruan). Suhu terendah tercatat di Ruteng (NTT). Pada tanggal 4 Juli 2018, suhunya mencapai 12.0 derajat celsius. Sementara itu untuk wilayah lain di Indonesia selisih suhu terendah selama awal Juli 2018 ini terhadap suhu terendah rata-rata selama 30 hari terakhir ini tidak begitu besar.

2. Faktor musim kemarau

Tidak perlu dicemaskan, karena suhu udara dingin merupakan fenomena alamiah. Hal tersebut disampakan Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono Prabowo. Hal ini biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau. Biasanya terjadi di Indonesia pada Juli hingga Agustus.

3. Uap di atmosfer sedikit

Cuaca dingin di Indonesia yang terjadi dibulan Juli ini terjadi karena kandungan uap atmosfer sedikit. Hal ini khususnya terjadi di  Jawa, Bali, NTB, dan NTT. Hal ini bisa diamati dari tutupan awan yang tidak signifikan selama beberapa hari terakhir. Secara fisis, uap air dan air merupakan zat yang cukup efektif dalam menyimpan energi panas. Rendahnya kandungan uap di atmosfer ini menyebabkan energi radiasi yang dilepaskan oleh bumi ke luar angkasa pada malam hari tidak tersimpan. Energi yang digunakan untuk meningkatkan suhu atmosferdi lapisan dekat permukaan bumi tidak signifikan.

4. Monsoon dingin Australia

Pada bulan Juli ini wilayah Australia berada dalam periode musim dingin. Sifat dari massa udara yang berada di Australia ini dingin dan kering. Adanya pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia menyebabkan pergerakan massa udara dari Australia menuju Indonesia semakin signifikan.

Demikianlah fakta cuaca dingin di Indonesia yang harus anda ketahui, selalu jaga kesehatan dengan datangnya cuaca dingin agar anda bisa menjalankan aktifitas sehari-hari.,

Sumber :
http://www.grid.id/read/04894654/bmkg-ungkap-penyebab-cuaca-dingin-di-indonesia-bukan-aphelion?page=all
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1051630-bmkg-suhu-dingin-di-indonesia-bukan-karena-aphelion
https://www.liputan6.com/health/read/3166492/7-hal-aneh-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-cuaca-dingin
http://batamnews.co.id/berita-34334-5-fakta-tentang-cuaca-dingin-di-indonesia-nomor-5-mengejutkan.html

Cuaca Dingin di Indonesia, Inilah 4 Faktanya Cuaca Dingin di Indonesia, Inilah 4 Faktanya Reviewed by egik miftah on Agustus 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.