Web Analytics

Jarang Cuci Botol Minuman? Ini Bahayanya


ZonaBaca.com - Hidup sehat bukan hanya dengan makan buah dan sayur, tapi juga banyak minum air putih sangat di anjurkan agar hidup lebih sehat. Salah satu cara membiasakan diri minum banyak air putih adalah dengan membawa sendiri air minum ke mana pun kamu pergi. Tentunya kamu butuh botol air minum untuk mendukung kebiasaan sehat ini.

Tapi ada hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu ingat, yaitu rajin mencuci botol air minum yang selalu kamu pakai. Tetapi, jangan lupa untuk mencucinya setiap kali air habis digunakan. Kebanyakan orang hanya membilas botol minum mereka menggunakan air putih atau bahkan tak pernah mencucinya, karena terlihat bersih.  Malas mencuci botol air minum bisa mengancam kesehatan. Karena botol air minum yang jarang dicuci bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri yang bisa menimbulkan penyakit. Botol minum dengan model slide top ditemukan memiliki kandungan kuman tertinggi. Mereka menemukan bakteri coccus gram positif yang dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, dan keracunan darah.
Salah satu bakteri yang bisa menimbulkan risiko bahaya kesehatan adalah E.coli. Dikatakan dokter dari Northwell Health, Robert Glatter, bakteri ini bisa menyebabkan gastroenteritis atau infeksi usus. Gejala awal yang timbul dan bisa dirasakan seperti mual, muntah, dan diare.

Peneliti juga mengingatkan pentingnya mencuci botol minum setelah setiap pemakaian. Jangan terus-menerus isi ulang botol minum dan tunggu waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu untuk mencucinya.  Akan lebih baik lagi jika punya beberapa cadangan botol air minum pengganti sehingga risiko mengembangkan bakteri menjadi lebih kecil.

Cara pencucian botol air minum sendiri sebenarnya tidak ribet, cukup dengan sabun cuci piring dan sikat bagian dalamnya dengan sikat botol. Gosok berulang kali bagian mulut botol dan tutupnya. Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Gunakan air hangat atau cuka agar lebih steril dan higienis, kemudian keringkan di bawah sinar matahari untuk mencegah kondisi lembab di dalam botol yang justru nyaman sebagai tempat berkembangnya bakteri.

Sayangi kesehatan anda ya sobat Zona Baca  jangan lupa mencuci botol air minum kamu setiap setelah dipakai ya. 

Referensi:
https://www.vemale.com/kesehatan/117936-botol-air-minum-dipakai-setiap-hari-tapi-jarang-dicuci-ini-bahayanya.html
http://lampung.tribunnews.com/2016/08/12/jarang-cuci-botol-minum-ini-akibatnya
http://static.palingseru.com/2016/11/6-60.jpg
https://media1.popsugar-assets.com/files/thumbor/nefEVA_IFgXJQ5U-CMjQwY2mabY/fit-in/1024x1024/filters:format_auto-!!-:strip_icc-!!-/2015/11/24/913/n/1922729/36a55fd5_drink_water/i/All-Day-Drink-More-Water.jpg

Jarang Cuci Botol Minuman? Ini Bahayanya Jarang Cuci Botol Minuman? Ini Bahayanya Reviewed by zona baca on Juli 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.