Web Analytics

Fakta Unik Dampak Gerhana Bulan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui



Selain gerhana matahari gerhana bulan menjadi salah satu fenomena yang membuat masyarakat antusias untuk melihatnya. Sabtu 28 Juli 2018 telah terjadi gerhana bulan total super blood moon. Fenomena ini merupakan gerhana bulan total terlama yaitu sekitar 103 menit. Serunya lagi gerhana bulan total ini bisa terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Di masyarakat terdapat mitos-mitos seputar gerhana bulan selalu jadi bahan perbincangan, seperti saat munculnya gerhana, para ibu hamil dan anak-anak dianjurkan untuk menjauhkan diri agar terhindar dari bahaya gerhana. Namun, apakah hal itu bisa dipercaya atau hanya mitos belaka?
Inilah yang perlu  diketahui beberapa fakta unik soal gerhana bulan serta dampaknya bagi tubuh:

Faktanya, menonton gerhana bulan tidak memberikan dampak berbahaya bagi mata, sedangkan gerhana matahari ternyata yang bisa berefek pada kerusakan sementara pada retina mata.

Menurut literatur Allopathy, tidak ada dampak bahaya gerhana bulan bagi ibu hamil. Jadi mereka bisa aman untuk menyaksikan gerhana bulan. Tidak ada teori ilmiah yang pernah menyebutkan kalau melahirkan saat gerhana bulan bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami cacat, maka jangan takut ibu hamil yang sedang menunggu kedatangan buah hati.

Gerhana bulan sering dikaitkan dengan dampaknya bagi kesehatan mental, namun ternyata gerhana bulan bisa mempengaruhi mood seseorang lho! Hal ini akan terjadi karena tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik saat gelombang air laut yang lebih tinggi dari biasanya.

Biasanya jumlah nyamuk akan semakin banyak pada saat fenomena ini. Peneliti menyebutkan ada jenis nyamuk yang bisa bertambah pada waktu tersebut adalah Aedes, Anopheles, Culex, dan Psorophora.

Hal yang paling berbahaya dari gerhana bulan adalah bulan tidak bersinar seterang biasanya, yang sedang berkendara saat gerhana bulan berlangsung ada baiknya lebih berhati-hati karena suasana di sekitar menjadi lebih gelap. Gerhana bulan sama sekali tidak berbahaya, namun bisa saja seseorang bisa terluka jika Anda tersandung batu saat barlangsungnya gerhana yang menyebabkan kegelapan

Ada juga beberapa keyakinan Veda mengenai hal ini, yakni ada yang menyebutkan jika ada gerhana bulan, seseorang seharusnya tidak makan berjam-jam sebelum terbit matahari dan 9 jam sebelum gerhana bulan dimulai. Hanya bisa minum air putih. Orang harus menghindari makanan yang dimasak setelah gerhana matahari atau gerhana bulan, ada baiknya makanan disimpan di kulkas tapi perhatikan faktor cara penyimpanan makanan agar tidak rusak. Seseorang tidak boleh menyentuh apa pun seperti pakaian, makanan, barang pribadi, dan lainnya selama gerhana.

Nah sobat zona baca itulah ulasan fakta unik dampak gerhana bulan bagi kesehatan, jangan lupa selalu jaga kesehatan.

 Referensi: 
http://doktersehat.com/fakta-dan-mitos-gerhana-bulan-berdampak-pada-kesehatan-manusia/
https://www.vemale.com/ragam/117760-ketahui-6-fakta-unik-dampak-gerhana-bulan-bagi-tubuh.html
https://faktualnews.co/images/2018/07/Gerhana-bulan.jpg





Fakta Unik Dampak Gerhana Bulan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui Fakta Unik Dampak Gerhana Bulan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui Reviewed by zona baca on Juli 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.