Pesona Gunungkidul tak terlepas dari banyaknya gua yang tersebar di wilayah ini. Salah satu sensasi pemandangan perut bumi yang bisa membuat pengunjung berdecak kagum adalah Goa Cokro.

Pesona Gunungkidul tak terlepas dari banyaknya gua yang tersebar di wilayah ini. Salah satu sensasi pemandangan perut bumi yang bisa membuat pengunjung berdecak kagum adalah Goa Cokro.

Goa Cokro adalah gua vertikal dengan kedalaman sekitar 20 meter. Lokasinya berada di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Gunungkidul. Sensasi langsung dirasakan saat akan memasuki salah satu situs yang menjadi bagian dari Geopark UNESCO ini.

Pantauan Times Indonesia, "gerbang" yang bisa digunakan untuk masuk ke Goa Cokro ada dua. Dua-duanya berbentuk lubang dengan diameter dua meter. Namun, hanya satu gerbang atau akses masuk yang digunakan dengan alasan keamanan.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi yang merasakan sensasi ini mengaku terpana. "Luar biasa ini. Sangat menantang adrenalin," katanya saat mencoba destinasi wisata ini.

BACA JUGA : Ini Dia 5 Alasan Tangalooma Jadi Destinasi Wisata Favorit Di Australia

Kendati butuh nyali, pengunjung tetap aman menikmati petualangan perut bumi Handayani yang oleh warga setempat dikenal dengan Luweng Cokro ini. Peralatan dan standar keamanan sudah sesuai ketentuan internasional. Pengunjung diwajibkan mengenakan harness, sepatu boot, dan helm pengaman.

Sebelum masuk goa dan menikmati sensasi di dalamnya, semua pengunjung mendapat penjelasan dari instruktur. Mendapat beberapa petunjuk singkat dari pengelola kemudian baru diturunkan satu persatu. Pengelola membatasi sepuluh orang dalam satu kelompok.

Hanya butuh waktu lima menit sebelum menjejakkan kaki di Goa Cokro ini. Begitu sampai di dalam perut bumi, pesona pemandangan yang disajikan benar-benar menakjubkan.



Sinar matahari yang masuk dari gerbang masuk, membentuk berkas sinar lurus. Orang-orang menyebutnya sebagai pancaran "Sinar dari Surga." Suasana di dalam gua pun jadi terasa kian magis.

Menurut Ketua Kawasan Desa Wisata Umbulrejo Nugroho Catur Warsono lokasi wisata yang dibuka sejak 2010 ini masih relatif kurang populer di kalangan wisatawan domestik. Namun, bagi wisatawan mancanegara, tempat ini sudah tersohor. Terutama bagi komunitas penggemar eksplorasi gua. Beberapa komunita dari luar negeri kabarnya pernah berkunjung ke sini.

BACA JUGA : Wow Ada Hotel Bergantung Digunung Parang Purwakarta

Di dalam goa, pengunjung diajak berkeliling mengeksplorasi beragam keindahan yang ada di dalam gua. Beragam kejutan menarik menyambut pengunjung. Mulai dari batuan alam berupa stalaktit dan stalakmit hingga batu berbentuk mirip kepala singa.

Lalu ada pula bagian gua berbentuk bilik yang disebut sebagai 'Kamar Pengantin'. Konon lokasi ini menjadi tempat penyimpanan beragam benda dan senjata pusaka tak kasat mata.

Dilansir dari : www.liputan6.com
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: